Capping Day Mahasiswi Angkatan X AKBID Mutiara Mahakam

Oleh AdministratorTanggal May 10, 2017Dikunjungi 2243x

AKBID Mutiara Mahakam kemarin melaksanakan Capping Day di Ballroom Swiss-Belhotel Borneo Samarinda, Selasa (09/05/2017). Kata Capping Day sendiri sudah tidak asing lagi di kalangan bidan dan perawat di dunia. Karena Capping Day merupakan salah satu tradisi yang masih dilakukan hingga saat ini. Dalam dunia pendidikan keperawatan di Indonesia, hampir semua sekolah keperawatan baik akademi maupun sekolah tinggi/universitas melakukan Capping Day setiap tahun. 

Capping Day merupakan suatu seremonial yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat satu yang telah menjalani perkuliahan selama kurang lebih satu semester. Saat Capping day mereka akan mengucapkan janji mahasiswa, lalu secara simbolis serta diberi pin dan kap (diperuntukkan khusus wanita) serta peresmian penggunaan seragam perawat.

Dengan Capping Day, diharapkan mahasiswa dapat terus belajar, sehingga para lulusan Kebidanan memiliki kompetensi yang tinggi, baik tanggung jawab, teori, kemampuan, maupun penguasaan metode pendekatan komulatif kepada pasien. Dengan begitu mereka dapat menjadi calon bidan cerdas militan profesional.

Prosesi seremonial Capping Day  ini di ikut oleh 77 orang Mahasiswa Tingkat I program studi  D-III  Kebidanan TA 2016/2017. Selain peserta capping day,  juga dihadiri oleh orang tua wali peserta capping day, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Ketua IBI Provinsi, Dinas Kesehatan Kota, Yayasan Mutiara Mahakam, Direktur, Dosen serta seluruh Karyawan Akbid Mutiara Mahakam.