Pentingnya Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Kerja

Oleh AdministratorTanggal January 24, 2018Dikunjungi 14705x

Perilaku hidup bersih dan sehat atau di singka PHBS merupakan langkah yang harus dilakukan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi setiap orang. Kondisi sehat tidak serta merta terjadi, tetapi haus senantiasa kita upayakan dari tidak sehat serta menciptakan linkungan yang sehat.

Upaya ini harus dimulai dari menanamkan pola pikir sehat yang menjadi tanggung jawab kita kepada masyarakat dan harus di mulai dan di usahakan oleh diri sendiri. Upaya ini adalah untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya sebagai satu investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif.

Dalam mengupayakan perilaku ini, dibutuhkan komitmen bersama-sama saling mendukung dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya keluarga sehingga pembangunan kesehatan dapat tercapai maksimal.

Hidup bersih dan sehat di tempat kerja. Bekerja dengan tubuh dan linkungan yang sehat merupakan hal yang diinginkan dan  hak asasi setiap pekerja, karena itu menjadi kewajiban semua pihak untuk ikut memelihara, menjaga dan mempertahankan kesehatan pekerja agar tetap sehat dan produktif dengan melaksanakan pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tempat kerja.

PHBS di tempat kerja adalah upaya untuk memberdayakan para pekerja agar tahu, mau dan mampu mempraktikan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam mewujudkan Tempat Kerja Sehat.

Indikator hdiup bersih sehat di tempat kerja yaitu : (1) Tidak meroko di tempat kerja, (2) membeli dan mengkonsumsi makanan dari tempat kerja, (3) Melakukan olahraga secara teratur/aktivitas fisik, (4) Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum makan dan sabun sesudah buang air besar serta buang air kecil, (5) Memberantas jentik nyamuk di tempat kerja, (6) Menggunakan air bersih , (7) Menggunakan jamban saat baung air kecil dan besar, (8) Membuang sampah pada tempatnya dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai jenis pekerjaan.

Tujuan hidup bersih sehat di tempat kerja yaitu : (1) Mengembangkan perilaku hidup bersih dan sehat di tempat kerja, (2) Meningkatkan produktivitas kerja, (3) Menciptakan lingkungan kerja yang sehat, (4) Menurunkan angka absensi tanaga kerja, (5) Menurunkan angka penyakit akibat kerja dan lingkungan kerja, (6) Memberikan dampak yang postif terhadap lingkungan kerja dan masyarakat.

Manfaat hidup bersih sehat di tempat kerja yaitu : (1) Setiap pekerja meningkat kesehatannya dan tidak mudah sakit, (2) Produktivitas pekerja meningkat yang berdampak pada peningkatan penghasilan pekerja dan ekonomi keluarga, (3) Pengeluaran biaya rumah tangga hanya ditujukan untuk peningkatan taraf hidup bukan untuk biaya pengobatan.

Manfaat hidup bersih sehat bagi tempat kerja yaitu : (1) Meningkatnya citra tempat kerja yang positif, (2) Menurunnya biaya kesehataan yang harus dikeluarkan, (3) Meningkatnya produktivitas kerja pekerja yang berdampak positif terhadap pencapaian terget dan tujuan.

Agar program PHBS dapat berjalan secara efektif dan efisien maka diperlukan adanya dukungan positif dari semua pihak.. Selamat bekerja, semoga Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang senantiasa memberikan kekuatan, petunjuk dan perlindungan-Nya kepada kita semua dalam menjalankan tugas untuk membangun masyarakat dan generasi muda indonesia yang sehat rohani dan jasmani. Amin.