Sivitas Akademika Mutiara Mahakam peringati Hari Batik Nasional dengan mengenakan pakaian batik.

Oleh Humas Akbid Mutiara MahakamTanggal October 09, 2018Dikunjungi 965x

Hari Batik Nasional di peringati setiap tanggal 2 Oktober. Pada momen Hari Batik Nasional Tahun ini,  Sivitas Akademika Mutiara Mahakam memperingatinya dengan mengenakan pakaian batik.

Pada hari selasa suasana tampak ceria, aktivitas kegiatan belajar dan mengajar pun tetap berjalan seperti biasa tetapi hal yang membedakannya dari hari sebelumnya ialah pakaian batik yang dikenakan. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk upaya Sivitas Akademika Mutiara Mahakam untuk tetap menjaga dan melestarikan kebudayaan yang kita milik.

Peringatan Hari Batik Nasional sendiri berawal ketika United Nations Educational Scientific Cultural Organization (UNESCO) menetapkan batik sebagai warisan dunia. Batik ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Setelahnya, Indonesia pun memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional. Hal itu pun diperkuat dengan adanya Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional.

Dalam keputusan presiden itu dijelaskan bahwa pengukuhan UNESCO terhadap batik Indonesia ke dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda warisan manusia merupakan pengakuan internasional terhadap mata budaya Indonesia.