ANALISIS PENERAPAN STANDAR KESELAMATAN PASIEN DI RSUD I.A MOEIS SAMARINDA / ANALYSIS OF STANDARD PATIENT SAFETY IMPLEMENTATION IN I.A. MOEIS HOSPITAL SAMARINDA

Penulis: FAHRI GUSLAN HAIMIN, S.KES

ANALISIS PENERAPAN STANDAR KESELAMATAN PASIEN DI RSUD I.A MOEIS SAMARINDA / ANALYSIS OF STANDARD PATIENT SAFETY IMPLEMENTATION IN I.A. MOEIS HOSPITAL SAMARINDA

Penulis : FAHRI GUSLAN HAIMIN, S.KES

Abstrak

Keselamatan pasien merupakan sebuah isu global di dunia. Keselamatan pasien juga merupakan sebuah prioritas utama yang wajib diprogramkan dan dijakanan di rumah sakit untuk melindungi pasien dari kejadian tidak diharapkan (KTD), kejadian nyaris cedera (KTC), kejadian nyaris cedera (KNC), kejadian tidak cedera (KTC) maupun kejadian, sentinel sendiri. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan rancangan deskritif analitik, pengambilan informasi dilakukan melalui wawancara mendalam dengan informan Kepala sub bagian keperawatan dan diklat, kepala bidang pelayanan, kepala seksi pelayanan medik, kepala seksi pelayanan keperawatan. Instrument yang diguanakan dalam penelitian ini adalah naskah wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemberian hak telah di lakukan oleh dokter maupun perawat dan bidan yang bertugas, tetapi masih sering terjadi kendala dalam hal bahasa yang mana pasien luar daerah biasanya tidak menggunakan bahasa indonesia yang benar mengakibatkan staf yang bertugas harus mencari lagi orang yang satu suku untuk menjadi penerjemah apa yang diinginkan pasien kepada tenaga medis, dari segi mendidik pasien dan keluarga pihak rumah sakit telah memberikan apa saja yang akan di lakukan oleh tenaga keselahatan dan akibat yang akan terjadi oleh pasien, akan tetapi beberapa pasien dan keluarga masih menutupi informasi yang diinginkan oleh tenaga medis, dari segi kesinambungan pelayanan rumah sakit telah berkoloborasi antar tenaga medis agar tidak terjadi insiden yang tidak diharapkan. Dari kesimpulan yang tertera di atas bahwa rumah sakit I. A Moeis samarinda telah memberikan pelayanan dan menerapkan keselamatan pasien dan memberikan pelayanan yang baik kepada pasien, disaran kan agar rumah sakit agar menyelesaikan masalah terkait insiden yang ada di ruamh sakit agar tidak ada lagi insiden serupa, diharapkan dari pihak rumah sakit lebih membantu pasien yang masih bingung dan harus menuju kemana alur pelayanan dan diharapkan rumah sakit melakukan perbaikan mekanisme dalam pendaftaran secara onlien dan di terapkan sesuai dengan jadwal yang telah ada.