HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UPTD PUSKESMAS REMAJA SAMARINDA

Penulis: NUR FASIRAH, S.Kes

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UPTD PUSKESMAS REMAJA SAMARINDA

Penulis : NUR FASIRAH, S.Kes

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas pelayanan kefarmasian yang kemudian dikaitkan dengan kepuasan pasien Puskesmas Remaja yang menerima pelayanan. Kefarmasian sebagai pusat pelayanan obat yang aman dan tepat sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien. Pelayanan kefarmasian sering kali mendapatkan stigma yang kurang baik seperti keluhan pasien kurangnya kursi tunggu diarea pengambilan obat, petugas yang kurang ramah, komunikasi yang singkat kepada pasien menjadikan pasien tidak mendapatkan informasi yang jelas tentang obat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan crosssectional untuk mengidentifikasi hubungan kualitas pelayanan kefarmasian terhadap tingkat kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Remaja Samarinda. Sampel terdiri dari 100 responden dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengambilan data berupa kuesioner menggunakan skalalikert. Analisis yang dilakukan yaitu analisis univariat dan analisis bivariat yang diolahdengan menggunakan program aplikasi komputer. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima, yang berarti bahwa variabel independen yaitu kualitas pelayanan kefarmasian (P= 0,000) terdapat hubungan yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Remaja Samarinda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan kefarmasian terhadap tingkat kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Remaja Samarinda. Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung pelayanan kefarmasian, komunikasi dan edukasi yaitu memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada pasien tentang obat yang mereka gunakan, kecepatan pelayanan, dan keramahan petugas. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Kefarmasian; Tingkat Kepuasan Pasien Kepustakaan : 65, (2018-2024)