ANALISIS PROGRAM SPEAK UP MELALUI METODE SERVQUAL DI RSUD AJI MUHAMMAD PARIKESIT TENGGARONG

Penulis: AUDY NABILLA CAROLINE, S.Kes

ANALISIS PROGRAM SPEAK UP MELALUI METODE SERVQUAL DI RSUD AJI MUHAMMAD PARIKESIT TENGGARONG

Penulis : AUDY NABILLA CAROLINE, S.Kes

Abstrak

Rumah sakit harus mampu mengelola semua sumber dayanya secara efektif untuk memberikan perawatan berkualitas tinggi dan mengurangi jumlah keluhan pasien terkait dengan pelayanan yang telah diberikan. Berdasarkan data jumlah pengaduan pasien di RSUD A.M Parikesit Tenggarong yang masuk pada tahun 2020 - 2023 terdapat 88 pengaduan di program Speak Up. Pengaduan menggunakan Speak Up dapat dilakukan dimana saja karena dapat diakses melalui gadget. Namun, beberapa pasien belum bisa memanfaatkan program Speak Up atau memahami tujuan program Speak Up. Oleh karena itu, rumah sakit ingin mengetahui keberhasilan pengguna terhadap program Speak Up yang mampu memfasilitasi keluhan pasien. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross- sectional dengan tujuan untuk melihat kepuasan pengguna terhadap program Speak Up di RSUD A.M Parikesit Tenggarong. Analisis dilakukan untuk melihat pengaruh variable independen (empathy, persuasion, impact, communication) terhadap varial dependen (Kepuasan Program Speak Up). Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 sampel. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengambilan data berupa kuesioner menggunakan skala likert. Serta, analisis yang dilakukan yaitu analisis univariat dan anlisis bivariate yang diolah dengan aplikasi komputer. Berdasarkan hasil uji fisher, didapatkan hasil bahwa ada hubungan empathy (0,001), persuasion, (0,003), impact (0,001), terhadap kepuasan speak up. Sedangkan tidak ada hubungan communication dengan kepuasan speak up (0,225) di RSUD A.M Parikesit Tenggarong. Pada penelitian ini disarankan RSUD A.M Parikesit untuk lebih memfasilitasi pengguna pengaduan, memberikan komunikasi dua arah, dan menambahkan fitur tracking di program Speak Up untuk mengetahui pengaduan sudah diterima, ditanggapi, dan diselesaikan. Kata Kunci : Dampak;Empati; Efektivitas media;Kepuasan;Komunikasi;Persuasi; Kepustakaan : 40, (2019-2023)