HUBUNGAN PERSPEKTIF PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT KELAS D DI SANGATTA KABUPATEN KUTAI TIMUR

Penulis: ELMA NOVITA INDONESIANI, S.Kes

HUBUNGAN PERSPEKTIF PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT KELAS D DI SANGATTA KABUPATEN KUTAI TIMUR

Penulis : ELMA NOVITA INDONESIANI, S.Kes

Abstrak

Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sangat penting dalam instalasi farmasi karena dapat mempengaruhi kinerja dan kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu, pegawai instalasi farmasi mengharapkan kenyamanan, keamanan dan juga pengembangan diri dari rumah sakit sebagai bentuk fasilitas yang manajemen berikan terhadap pekerjaannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan terhadap kinerja pegawai Instalasi Farmasi Rumah Sakit Kelas D di Sangatta Kabupaten Kutai Timur.Jenis penelitian ini adalah kuantiatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi adalah seluruh pegawai Instalasi Farmasi Rumah Sakit Kelas D di Sangatta Kabupaten Kutai Timur dengan sampel sebanyak 40 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan correlation product moment untuk menguji hipotesis setiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja, pelatihan kerja, dan semangat kerja berhubungan signifikan positif dengan kinerja (p-value < 0.05). Hasil menunjukkan bahwa perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berhubungan dengan kinerja, sehingga dapat disimpulkan bahwa 61.9% balanced scorecard melalui perspektif pembelajaran dan pertumbuhan memberikan sumbangan efektif terhadap peningkatan kinerja pegawai. Saran untuk penelitian ini, tetap mempertahankan serta meningkatkanpertumbuhan dan pembelajaran karyawan dengan baik, mengaplikasikan metode balanced scorecard sebagai metode pengukuran kinerja rumah sakit dan sebagai alat untuk pengambilan keputusan untuk masa yang akan datang. Kata Kunci : Kepuasan; Pelatihan; Semangat; Kinerja; Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan Kepustakaan : 68, (2017-2023)