PENGARUH KUALITAS DAN FASILITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD I.A. MOEIS SAMARINDA / THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND FACILITIES TO SATISFACTION IN OUTPATIENT PATIENTS AT RSUD I.A. MOEIS SAMARINDA
Penulis : ANDARISMA, S.Kes
Abstrak
Kualitas pelayanan dan fasilitas pelayanan merupakan sebuah tantangan penilaian bagi kepuasan pasien, karena kualitas pelayanan dan fasilitas pelayanan akan berpengaruh apabila kebutuhan atau kemauan pasien tidak sesuai apa yang diharapkan akan berpengaruh bagi kepuasan pasien. Berdasarkan studi pendahuluan, yang dilakukan pada bulan Januari tahun 2022 ditemukan bahwa tenaga medis dan non medis kurang ramah dan kurang terampil dalam memberikan pelayanan. Selain itu persepsi pasien dalam hal fasilitas pelayanan rawat jalan ditemukan bahwa toilet masih kurang nyaman, terlihat kotor dan beberapa peralatannya tidak dalam kondisi optimal. Jumlah tempat duduk kurang di ruang tunggu rawat jalan farmasi masih kurang kurang sehingga pengunjung harus berdiri selama menunggu pengambilan obat di farmasi rawat jalan. Beberapa permasalahan tersebut di atas menunjukan adanya permasalahan dalam hal kualitas pelayanan dan fasilitas pelayanan yang akan berpengaruh pada kepuasan pasien Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan cross- sectional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di rawat jalan RSUD I.A Moeis Samarinda. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuisioner dengan menggunakan skala likert. Serta analisis yang dilakukan yaitu analisis univariat dan bivariat yang diolah menggunakan program IBM SPSS. Hasil penelitian berdasarkan uji regresi dan uji f yang menggunakan SPSS nilai signifikan yaitu sebesar 0,000 nilai signifikansi tersebut lebih kecil daripada 0,05 menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien di RSUD I.A Moeis Samarinda dan begitu juga dengan variabel fasilitas yang mempunyai nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 yang mana nilai signifikan tersebut lebih kecil daripada 0,05 menunjukan bahwa variabel fasilitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pada pasien di RSUD I.A Moeis Samarinda.