Cegah Penularan Covid-19 Dilingkungan Kampus, STIKES MM Menggelar Sosialisasi

Oleh AdministratorTanggal March 19, 2020Dikunjungi 26x


STIKES MM (14/3), Guna mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan  dini di lingkungan Kampus terhadap penyebaran virus Corona (Covid-19),  dilaksanaan kegiatan sosialisasi tentang virus Corona (Covid-19) di Gedung Stikes Mutiara Mahakam Samarinda. Kegiatan ini bekerjasama dengan klinik Cahaya Husada Kalimantan Timur.

Acara diawali dengan sambutan pembina Yayasan Mutiara Mahakam Dr. Haksan Darwangsa, M.Si dilanjutkan dengan pemaparan tentang pencegahan penyebaran virus covid-19 oleh Andi Parellangi, S.Kep., M.Kep., MH dan Rifka Ria. Hadir dalam kegiatan ini

1. Wakil Ketua I Siti Noorbaya, S.SiT., M.Kes

2. Ketua Departemen Kebidanan Ryzky Diah Anggraini, S.ST., M.Tr.Keb

3. Ketua Departemen Manajemen Rumah Sakit M. Ardan, SKM., M.Kes

4. Dosen dan Staff STIKES MM

5. Mahasiswa Program Studi Kebidanan dan Administrasi Rumah Sakit


Dalam sambutannya pembina yayasan mutiara mahakam mengatakan bahwa sosialisasi ini dilakukan agar para dosen, staff serta mahasiswa mengetahui apa yang harus dilakukan  guna mencegah penularan virus Corona (Covid-19) serta mengetahui apa itu virus covid-19, gejala-gejala yang ditimbulkan, bagaimana mengantisipasinya dan yang terakhir mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil, jika sudah terkena dampak.

Sementara itu, dalam penjelasannya Andi Parellangi, S.Kep., M.Kep., MH mengatakan, virus corona merupakan bagian dari keluarga besar virus yang mungkin menyebabkan sakit pada hewan atau manusia. Pada manusia beberapa virus corona diketahui menyebabkan infeksi pernapasan yang bervariasi mulai dari flu ringan sampai kepada penyakit yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Sindrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), corona virus yang paling terakhir ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19. Gejala umum COVID-19 adalah demam, lelah, dan batuk kering.

Sebelum berakhir kegiatan dilakukan diskusi dan tanya jawab sekitar tentang covid-19.