Membumikan Perguruan Tinggi, Kopertis XI Hardinas Bersama PTS daerah 3T

Oleh AdministratorTanggal May 05, 2018Dikunjungi 1118x

Upacara Hardiknas di Daerah 3T dan Anugerahi Yayasan serta PTS.

Ada yang Spesial tahun ini dalam pelaksanaan Hardiknas, Kopertis Wilayah XI Kalimantan mengadakan Upacara Hardiknas di dua tempat. Yang pertama terpusat di Universitas Tunajaya, Bontang, Kalimantan Timur dan yang kedua di Halaman Kantor Kopertis Wilayah XI, Banjarmasin. Ini merupakan pertama kalinya Kopertis XI Kalimantan, melakukan upacara di PTS didaerah 3T.

Pada acara Upacara Hardiknas yang terpusat di Universitas Trunajaya Bontang, Rabu, 2/5/2018 yang dihadiri oleh unsur pimpinan PTS dan Mahasiswa PTS di Bontang yaitu Univ. Trunajaya Bontang, STTI Bontang, Stitek Bontang, STMIK PPKIA Takanita, dan Ketua Yayasan PTS di Kalimantan Timur, serta Pimpinan PTS se Kalimanatan timur dan utara yang mendapatkan undangan untuk menerima penghargaan. Selaku pembina upacara adalah Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Prof. Idiannor Mahyudin.

Pada peringatan Hardiknas kali ini, Kemenristekdikti secara khusus mengusung tema "Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia". Tema ini dilatarbelakangi oleh misi Kemenristekdikti untuk menjadikan pendidikan tinggi sebagai agenda publik. Oleh sebab itu, kegiatan yang digelar pun melibatkan berbagai elemen masyarakat, dari mulai mahasiswa, akademisi, peneliti, komunitas, hingga masyarakat.

"Pelaksanaan upacara Hardiknas tahun 2018 didaerah dan beberapa PTS daerah 3T di ikutkan sebagai bukti keseriusan pemerintah, kementerian Ristekdikti RI, khususnya Kopertis Wilayah XI memberikan perhatian dan pembinaan kepada PTS. Mari maju bersama meningkatkan mutu, bergandengan tangan, bergotong royong" Ajak Prof Idiannor.

"Saya harapkan ini menjadi penyemangat, dan PTS pun bersemangat untuk terus meningkatkan mutu Akreditasinya"

Dalam upacara ini juga diberikan penghargaan Koordinator Kopertis XI kepada  Yayasan dan PTS di Wilayah Kalimantan Timur. Adapun penghargaan diberikan kepada 6 (enam) yayasan dengan Kategori Yayasan yang sangat peduli dengan PTS nya dan tidak bermasalah Tahun 2018 yaitu 1. Ketua yayasan keluarga alumni universitas gajah mada samarinda ( Akademi farmasi samarinda), 2. Ketua yayasan pembina pendidikan mahakam ( Universitas widya gama samarinda), 3. Ketua BPH Persyarikatan Muhammadiyah (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur), 4. Ketua yayasan pendidikan bessai berinta (Stitek Bontang), 5. ketua yayasan pendidikan tinggi dharma wirawan kalimantan timur (Universitas Balikpapan), 6. Ketua yayasan sekolah tinggi teknologi minyak dan gas balikpapan (STT Migas Balikpapan)

Kemudian penghargaan Koordinator Kopertis Wilayah XI kepada 5 (Lima) PTS yaitu

1. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
    Sebagai Terbaik Kedua, Kategori Jumlah Publikasi Internasional Terbanyak, Januari - Maret 2018, 

2. Stikes Wiyata Husada Samarinda
    Sebagai Terbaik Pertama, Kategori Jumlah Mahasiswa yang berwirausaha terbanyak, Periode Januari - Maret 2018,

3. Akbid Mutiara Mahakam Samarinda
    Sebagai Terbaik Kelima,Kategori Humas  (Bidang Media Sosial) PTS se Kalimantan, Periode Januari - April 2018

4. Akbid Mutiara Mahakam Samarinda
    Sebagai Terbaik Pertama, Kategori Prestasi Dalam Bidang Kemahasiswaan Pada Data SIMKATMAWA periode sampai dengan April 2018 

5. STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati Tarakan
    Sebagai Terbaik ketiga, Kategori Jumlah Mahasiswa yang berwirausaha terbanyak, periode  Januari - Maret 2018

6. Rektor Universitas Trunajaya Bontang
    Sebagai Tuan Rumah pada acara rangkaian Hardiknas Tahun 2018.

Dalam upacara Hardiknas yang dilaksanakan di Kantor Kopertis Wilayah XI, juga diserahkan beberapa penghargaan untuk PTS Kalsel. Kalteng dan Kalbar.

Sumber :   Humas Kopertis Wilayah XI Kalimantan.